14 Februari 2008

PERPUSTAKAAN SEKOLAH PASCA SARJANA UGM YOGYAKARTA

LAPORAN STUDI BANDING

KE PERPUSTAKAAN SEKOLAH PASCA SARJANA

UNIVERSITAS GAJAH MADA YOGYAKARTA

PADA TANGGAL 28 NOPEMBER 2006

Oleh : Joko Sugiarto

Staf Perpustakaan B2P2VRP Salatiga

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena penulis telah diberikan kesempatan untuk mengikuti studi banding ke Perpustakaan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada tanggal 28 Nopember 2006 tanpa ada halangan suatu apapun. Dalam hal ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Ibu Kepala B2P2VRP Salatiga, Ibu Dra. Nani Sukasediati, MS, karena telah memberikan ijin dan kesempatan untuk mengikuti studi banding ke Perpustakaan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta;

2. Ibu Dra. Widiarti M.Kes, selaku Kabid Program Kerjasama dan Jaringan Informasi B2P2VRP yang telah mendukung dan memberikan ijin untuk studi banding;

3. Ibu Dra. Retno Ambar Yuniarti, M.Kes, yang memberikan suport untuk studi banding;

4. Ibu Dra. Tristiana Candra Dewi, SIP.,M.Si., selaku Kepala Perpustakaan Sekolah Pasca Sarjana (SPS) UGM yang telah memberikan ijin penulis untuk studi banding di Perpustakaan SPS UGM;

5. Ibu Dra. Suskamdani, M.Kes dan Mas Priyono yang turut mengantarkan penulis;

6. Semua pihak dan staff karyawan Perpustakaan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta yang ikut membantu penulis.

Semoga jasa-jasa baik beliau diberi imbalan oleh Allah SWT, Amin..

LAPORAN STUDI BANDING

Laporan studi banding pada tanggal 28 Nopember 2006 di Perpustakaan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta

1. Tujuan dan Peranan Perpustakaan Sekolah Pasca Sarjana UGM (SPS UGM)

- Menunjang proses belajar mengajar untuk mahasiswa S2 dan S3

- Mewujudkan peranannya sebagai penunjang program Tri Dharma Perguruan Tinggi bertekad untuk memberikan layanan informasi yang berkualitas bagi segenap civitas akademika Universitas Gajah Mada.

2. Keanggotaan

Setiap civitas akademika UGM dapat menjadi anggota Perpustakaan SPS UGM, dengan syarat :

- Menunjukkan kartu identitas diri yang masih berlaku;

- Menyerahkan 1 lembar pas foto ukuran 2x3

Masyarakat dari luar UGM dapat dilayani sebagai anggota perpustakaan, dengan syarat :

- Menyerahkan fotocopy identitas diri yang masih berlaku;

- Menyerahkan 1 lembar pas foto ukuran 2x3

- Membayar kontribusi Rp.75.000,- (berlaku selama 6 bulan)

Kegiatan yang dilakukan oleh Perpustakaan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta antara lain :

a. Pengadaan bahan pustaka

- Pembelian

Dalam mengadakan bahan pustaka baik buku-buku, atau Journal Perpustakaan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta membagikan formulir kepada para dosen dan nanti para dosen mengisi form pengadaan buku dengan disertai katalog buku, lalu form itu dikumpulkan dan disortir, dan nanti perpustakaan membuat daftar buku yang akan dibeli. Khusus untuk langganan digilib perpustakaan yang menentukan disesuaikan dengan kebutuhan pemakai.

- Terbitan sendiri

Sebagai upaya agar semakin dekat dengan pemakai informasi, Perpustakaan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada telah berupaya untuk terus menerbitkan media Warta Pustaka Sekolah Pasca Sarjana sebagai jembatan antara pencari dengan penyedia informasi yang memuat informasi tentang perkembangan koleksi buku-buku baru, tesis, dan disertasi serta kegiatan yang telah berlangsung di SPS-UGM.

b. Pengolahan

Sistem pengolahan buku teks dan majalah menggunakan pedoman Universal Decimal Clasification (UDC) karena dengan menggunakan UDC Klasifikasi akan menjadi lebih rinci dan detail sesuai subjek yang diinginkan.

c. Ruang dan Layanan Perpustakaan

Ruangan Perpustakaan dibuat senyaman mungkin dengan disertai mesin pendingin udara (AC) , kaca kedap suara sehingga pengunjung merasa betah tinggal di perpustakaan. Penataan/lay out perlu diperhatikan agar pengunjung tidak bosan dengan suasana perpustakaan, lay out diubah 2 x dalam 1 tahun, dua hal tersebut diatas merupakan layanan kenyamanan. Sistem pelayanan menggunakan sistem layanan terbuka (open accsess), sehingga memungkinkan pemakai dapat menggunakan semua koleksi yang tersedia secara maksimal. Untuk memudahkan pengguna perpustakaan yang mencari informasi yang dibutuhkan, Perpustakaan SPS UGM menyediakan layanan online dengan alamat situs : http://puspasca.ugm.ac.id yang dapat diakses secara umum dengan menyediakan katalog online yang pada saat ini sedang dikembangkan. Kebanyakan pengunjung mengakses layanan digilib atau journal online ProQuest dengan alamat situs www.proquest.com/pqdauto ada 22 komputer yang tersedia dan pelayanan ini tidak dipungut biaya. Jumlah petugas yang ada 12 orang termasuk kepala.

Jam buka layanan

Senin-Kamis 07.30-15.30 WIB Istirahat 12.00-13.00 WIB

Jum’at 07.30-15.30 WIB Istirahat 11.00-13.00 WIB

Sabtu 08.00-11.30 WIB

Macam-macam pelayanan yang ada :

Ø Layanan Sirkulasi

Salah satu layanan pokok yang diberikan adalah peminjaman bahan pustaka. Peminjaman ini diberikan bagi civitas akademika UGM yang menjadi anggota SPS UGM.

Ø Layanan Penelusuran informasi

Layanan ini diberikan kepada siapa saja yang membutuhkan informasi, baik dengan cara lewat telepon, surat, faksimili, e-mail, maupun datang sendiri ke Perpustakaan SPS UGM. Jenis layanan penelusuran informasi antara lain :

- Penelusuran artikel

Diberikan bagi pengguna yang membutuhkan artikel full text untuk topik tertentu. Penelusuran dilakukan pada berbagai sumber yang ada di Perpustakaan SPS UGM, atau melalui internet.

- Penelusuran Bibliografis

Layanan yang disediakan adalah penelusuran judul artikel, buku maupun penelitian topik tertentu dari berbagai sumber yang ada di Perpustakaan SPS UGM, atau melalui internet.

Ø Layanan CD-ROOM

- Layanan informasi CD-ROOM yang disediakan CD-ROOM jurnal dengan subjek :

· Applied Science & Technology

· Proquest Science Journal

· ProQuest Medical Library

· Social Science

· Electronic Agricultural Library

· ProQuest Agriculture Journals

· ProQuest Academic Research Library

· ProQuest Biology Journals

· ProQuest Computing Journals

· ProQuest Legal Journal

· ProQuest Learning Literature

· ProQuest Psychology Journals

· Humanities

· Environtment

· Drug Info Full Text With IPA

- Kliping berita dari berbagai surat kabar nasional, dengan subjek yang lengkap

- Disertasi dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di dunia.

Ø Layanan Referensi

Layanan ini diberikan kepada pengguna yang membutuhkan informasi yang bersumber pada koleksi referensi, antara lain kamus, almanak, ensiklopedia, maupun berbagai data statistik.

Ø Layanan Jurnal

Perpustakaan SPS UGM menyediakan ribuan judul jurnal internasional dan nasional dari berbagai bidang ilmu dalam format digital maupun hardcopy. Pengguna dapat mendapatkan print out atau membaca di tempat.

Ø Layanan Tesis dan Disertasi Mahasiswa UGM

Koleksi tesis dan disertasi mahasiswa UGM, serta disertasi pilihan dari universitas terkemuka di dunia dari berbagai disiplin ilmu, tersedia dalam format digital yang dapat diakses melalui komputer yang telah disediakan di perpustakaan. Juga disediakan koleksi hard copy untuk koleksi tesis atau disertasi terbaru.

Ø Layanan Fotocopy

Perpustakaan menyediakan sarana fotokopi bagi pengguna yang ingin memfotokopi bagian-bagian tertentu koleksi yang ada.

Ø Layanan Internet

Perpustakaan menyediakan layanan internet dengan kecepatan 128 KBPS. Jurnal online dari ProQuest dapat diakses dengan sarana ini. Layanan online juga disiapkan untuk informasi abstrak tesis dan disertasi dari alumni Program Pasca Sarjana UGM.

Kesimpulan

Kunjungan ke Perpustakaan Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada Yogyakarta disimpulkan sebagai berikut :

1. Ruangan Perpustakaan dibuat senyaman mungkin dengan disertai mesin pendingin udara (AC) kaca kedap suara sehingga pengunjung merasa betah tinggal di perpustakaan.

2. Penataan/lay out perlu diperhatikan agar pengunjung tidak bosan dengan suasana perpustakaan, lay out diubah 2x dalam 1 tahun.

3. Perpustakaan SPS UGM sudah mengarah ke digilib, serta menyediakan layanan internet bahkan mempunyai webside sendiri, dan dapat diakses secara online dengan program yang sedang dikembangkan.

4. Perpustakaan diberikan fasilitas sendiri yaitu berupa layanan fotocopy.

5. Tenaga untuk perpustakaan sebanyak 12 orang dan ada maintenance khusus untuk menangani kerusakan/ ganguan digilib yang bermasalah.

6. Ada anggaran khusus untuk berlangganan ProQuest, tesis dan disertasi yang dibeli dari luar negeri, ada juga majalah, buku atau jurnal ilmiah baik tercetak maupun elektronik.

Tidak ada komentar: